Cara Mencegah Gigi Berlubang Secara Alami dari SehatQ.com

 on Senin, 29 Maret 2021  

Penyakit gigi berlubang merupakan penyakit yang bisa dialami oleh hampir semua orang. Sekilas, sakit gigi terlihat seperti penyakit sepele. Akan tetapi, rasa sakit yang ditimbulkannya akan membuat semua penderitanya tidak ingin mengalaminya lagi. 


Gigi berlubang sebenarnya bisa dicegah, dan cara pencegahannya juga tidak sulit. Pada dasarnya, gigi berlubang ini paling umum disebabkan oleh perawatan yang kurang maksimal pada gigi. Berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan untuk mencegah gigi berlubang. 

 

Konsumsi Vitamin D Secara Teratur
Tubuh manusia memang membutuhkan vitamin D. Vitamin D diketahui berguna untuk menjaga kekuatan tulang. Namun demikian, ternyata vitamin ini juga dibutuhkan untuk mendukung pembentukan gigi. 


Kekurangan vitamin D bisa berakibat buruk, dan di antara akibat tersebut adalah membuat gigi cepat keropos dan berlubang.  Vitamin D bisa ditemukan dalam menu makanan sehari-hari. 


Beberapa makanan tersebut di antaranya seperti susu dan semua jenis olahan yang berasal dari susu. Vitamin D juga bisa didapatkan secara alami dari sinar matahari. Memenuhi kebutuhan vitamin D dengan baik, tentu bisa menyehatkan gigi sekaligus membantu untuk mencegah gigi berlubang.


Mengunyah Permen Karet Bebas Gula
Kebiasaan mengunyah permen karet ternyata  berguna untuk mencegah gigi menjadi berlubang. Dengan catatan, permen karet yang dikunyah adalah permen karet bebas gula. Mengunyah permen karet sehabis makan, bisa membantu mengangkat sisa makanan yang tertinggal pada gigi.


Permen karet juga mengandung xylitol yang membantu menstimulasi keluarnya air liur. Air liur bisa melindungi lapisan email gigi agar tidak kekurangan mineral, yang mengakibatkan gigi menjadi berlubang. Selain itu, xylitol juga bisa mencegah tumbuhnya bakteri di dalam mulut.


Membatasi Mengkonsumsi Makanan Yang Manis   
Fakta menunjukkan bahwa sakit gigi merupakan salah satu dari daftar penyakit yang penyebab utamanya adalah makanan manis atau yang mengandung gula. 


Untuk mencegah agar terhindar dari kemungkinan gigi menjadi berlubang, maka sangat disarankan untuk mengurangi makanan manis atau mengandung gula.


Makanan yang mengandung gula biasanya akan lengket pada permukaan gigi. Apabila tidak segera dibersihkan, maka akan berpotensi mengundang bakteri untuk berkembang, yang akhirnya bisa menyebabkan gigi menjadi berlubang.


Menggunakan Pasta Gigi Yang Mengandung Fluoride
Menggosok gigi merupakan cara paling efektif untuk mencegah gigi berlubang. Dengan rajin melakukannya, gigi akan terbebas dari sisa-sisa makanan dalam mulut yang akan membuat bakteri penyebab utama gigi bisa berlubang tumbuh.


Di sini, membersihkan gigi akan lebih efektif apabila menggunakan pasta gigi yang mengandung fluorida. Fluorida ini akan membantu mencegah hilangnya mineral yang melindungi lapisan email gigi. Gigi yang berlubang biasanya terjadi karena mineral pada lapisan email berkurang, atau bahkan hilang.  
Menggunakan Benang Gigi
Membersihkan gigi dengan cara menyikat gigi saja ternyata tidak cukup. Pada bagian-bagian yang sulit untuk dijangkau oleh ujung sikat, tentu tidak bisa dibersihkan dengan sempurna. Karena inilah ada banyak daftar penyakit yang bisa menyerang gigi, dan banyak sekali yang mengalaminya.


Menggunakan benang gigi atau dental floss, akan membantu membersihkan gigi dari sisa makanan yang tidak terjangkau saat dibersihkan dengan sikat gigi. Dengan demikian, gigi bisa dibersihkan dengan sempurna, dan terhindar dari tumbuhnya bakteri.


Mencegah gigi menjadi berlubang sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah secara mandiri dan alami. Yang paling dibutuhkan adalah kesungguhan dan ketelatenan. Karena apabila dilakukan dengan sungguh-sungguh, Anda bisa terhindar berbagai jenis masalah gigi yang cukup sulit diatasi.



J-Theme