Begini Cara Mengatasi Bayi Cegukan Yang Benar

 on Senin, 19 April 2021  

Bukan hanya orang dewasa yang bisa cegukan, namun bayi lebih sering mengalaminya. Hal ini seringkali membuat para orangtua baru, terutama ibu, menjadi panik dan tidak tahu harus bagaimana. Lantas bagaimana cara mengatasi bayi cegukan yang tepat?

 

Cegukan memang harus segera diatasi agar si kecil bisa tertidur dengan pulas dan cara mengatasinya pun cukup banyak. Dalam hal ini, Anda bisa mempelajari cara untuk mengatasinya dalam informasi berikut ini.


Biarkan Cegukan Berhenti Sendiri
Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi cegukan pada bayi adalah dengan membiarkannya berhenti secara sendirinya. Tentu saja ini membutuhkan waktu sedikit lama, namun bisa dikatakan lebih minim risiko dibandingkan cara lainnya.


Biasanya bayi akan berhenti cegukan dengan sendirinya dalam beberapa menit, sehingga pastikan keadaan sekitar tetap membuatnya nyaman. Pantau kondisi bayi sepenuhnya hingga cegukannya berakhir. 


Sendawakan Bayi
Cara berikutnya yang bisa Anda terapkan adalah dengan cara menyendawakan bayi. Ini adalah salah satu cara yang paling sering dilakukan oleh para orang tua. Apabila si kecil mengalami cegukan pada saat makan, maka segera berhenti menyuapinya dan biarkan mereka sejenak agar bisa bersendawa.


Sendawa ini akan membuat angin atau gas dalam tubuh bisa dikeluarkan, sehingga cegukan pun bisa berhenti dengan sendirinya. Namun, pastikan untuk memposisikannya badan anak secara benar agar tidak mengakibatkan hal yang fatal, apalagi pada bayi yang masih baru lahir.


Menyusui Si Kecil Dengan Posisi yang Benar
Hal selanjutnya yang harus diperhatikan terkait masalah bayi cegukan adalah menyusui si kecil dengan lebih menegakkan tubuhnya. Hal ini karena cegukan akan membuat udara masuk ke rongga pernapasan bersamaan dengan air susu yang diminum si kecil. 


Jadi, usahakan saat si kecil minum susu Anda memposisikannya dalam keadaan yang lebih tegak dan jangan langsung menaruhnya di Kasur setelahnya. Pastikan mengistirahatkannya sekitar 30 menit setelah selesai minum maupun setelah memberinya makanan pendamping asi. 


Usahakan Botol Susu Tidak Berisi Udara
Tidak hanya memposisikannya secara tegak, usahakan pula botol susu untuk minum si kecil tidak berisi udara atau gas. Dengan begitu, si kecil tidak akan mengalami cegukan yang bisa membuatnya tidak nyaman nantinya.


Caranya menghindari hal ini adalah memiringkan botol terlebih dahulu hingga susu memenuhinya sebelum diberikan pada si kecil. Nantinya, udara pun tidak akan ada yang masuk dan tertelan oleh bayi dan menyebabkan cegukan lebih parah. 


Gunakan Empeng
Cara lain yang bisa diterapkan yaitu dengan menggunakan empeng. Hal ini dipercaya bisa mengatasi cegukan pada bayi yang membuatnya tidak nyaman. Apabila kondisi cegukan mulai terlihat tanda-tandanya, maka Anda bisa segera memberinya empeng.


Empeng mampu membantu relaksasi diafragma dan membuat kondisi cegukan pada bayi berkurang. Namun, apabila masih belum reda, ada baiknya untuk mengonsultasikannya pada dokter agar tidak semakin parah.


Konsultasikan Pada Dokter
Hal terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsultasikan hal ini pada dokter anak. Terutama apabila si kecil mengalami cegukan dalam waktu relatif lama dan terlalu sering. 


Tentu saja keadaan seperti ini membutuhkan pemantauan medis dan perlu dilakukan penanganan lebih lanjut. Jika tidak segera diperiksakan ke dokter, dikhawatirkan kondisinya semakin parah dan mungkin ini merupakan gejala gangguan tertentu pada si kecil. 


Sebenarnya mudah bukan bayi cegukan ini? Namun, sebisa mungkin Anda harus waspada pada berbagai kondisi yang dialami si kecil. Cegukan sendiri sebenarnya normal terjadi pada bayi, hanya saja ini bisa berbahaya jika terjadi secara berlebihan. 


Terakhir, untuk info lebih lanjut tentang cegukan pada bayi dan berbagai gangguan lain yang bisa menyerang sang buah hati, Anda bisa cek informasinya di bebeclub.co.id. Disini ada banyak referensi bermanfaat terkait ibu dan anak yang akan sangat membantu Anda.



J-Theme