Begini Cara Mengatasi Kulit Kepala Berminyak

 on Senin, 05 April 2021  

Kulit kepala yang berminyak dapat menimbulkan masalah rambut seperti rambut lepek dan munculnya ketombe. Penyebab kulit kepala berminyak sangat beragam, sehingga perlu diketahui penyebab dan cara mengatasi kulit kepala berminyak agar dapat menyelesaikannya. Berikut ulasan selengkapnya

 

Gunakan Produk Shampoo Dan Conditioner Yang Tepat
Poduksi minyak berlebih pada kulit kepala akan menambah beban pada akar rambut. Bagaimana tidak? minyak yang menumpuk akan membuat kulit kepala lembab sehingga menimbulkan sel kulit mati. Selain itu, akar rambut akan menjadi.


Pilih shampoo dan conditioner tebraik sebagai solusinya yang bisa mengatasi masalah minyak berlebih di area kepala. Salah satu produk ampuh yang bisa digunakan adalah Clear Superfresh Apple Shampoo. Varian ini bisa mengatasi masalah kulit berminyak dan ketombe.


Kandungan nutrium 10 di dalamnya seperti vitamin dan mineral mampu membantu mengatasinya. Harum apelnya juga membuat area rambut menjadi segar. Gunakan juga conditioner sejenis agar lebih efektif.


Dalam pemakaianya, keramaslah dengan air dingin untuk mencegah produksi sebum yang bisa merangsang produksi kelenjar minyak berlebih di area kulit dan rambut kepala. Gunakan conditioner pada ujung rambut mulai bagian tengah ke ujung, jangan pada pangkalnya. 


Keringkan Rambut Dengan Segera Setelah Keramas
Cara mengatasi kulit kepala berminyak berikutnya yaitu segera mengeringkan rambut setelah keramas. Keringkan rambut setelah mencucinya agar keadaannya tidak lembab, karena kondisi yang lembat bisa menghasilkan minyak di area kulit kepala.


Sisir Rambut Ke Arah Atas
Saat rambut masih basah setelah keramas, sisir rambut ke arah atas. Hal ini bertujuan untuk mengangkat rambut dari ujung ke pangkal agar bentuknya lebih bervolume dan ada udara yang masuk agar tidak lembab. Gunakan sisir bergigi jarang agar rambut tidak mudah tersangkut dan rontok.


Rajin Menggunakan Masker Rambut
Solusi perawatan yang ampuh lainnya yaitu rajin menggunakan rambut dari bahan alami. Masker rambut dari bahan alami dinilai cukup efektif dalam mengatasi masalah rambut. Kira-kira apa saja masker rambut dari bahan alami tersebut? Simak informasinya berikut ini.


Masker Lemon Dan Aloe Vera
Lemon sangat manjur dalam menyerap minyak berlebih pada rambut. Kandungan didalamnya juga memberikan sensai segar pada area kulit kepala. Bahan yang bisa dicampurkan yaitu madu untuk melembabkan dan menutrisi rambut, serta aloe vera untuk membuat rambut berkilau.


Cara membuatnya mudah. Campurkan sari lemon, madu, dan gel aloe vera. Aduk semua bahan tersebut secara merata. Gunakan pada rambut dan diamkan 20 menitan lalu bilas dengan air hangat. 


Masker Cuka Apel
Cuka sari apel dinilai dapat meluruhkan bahan kimia dari produk perawatan rambut yang pernah digunakan. Sifat asam dari cuka apel tersebut dapat mengembalikan pH kulit kepala dan mengontrol kadar minyak berlebih di area rambut dan kulit kepala.


Untuk membuatnya cukup campurkan sari cuka apel dengan air mineral. Anda bisa menggunakannya setelah mencuci rambut


Masker Oatmeal
Oatmeal sebagai makanan kaya serat juga bisa bermanfaat untuk mengatasi rambut berminyak. Anda bisa menambahkan perasan lemon untuk dijadikan masker rambut. Cukup campurkan keduanya secukupnya, aduk merata dan balurkan pada kulit kepala. Diamkan 20 menit, lalu bilas hingga bersih.


Masker Tomat
Selain cuka apel, tomat yang bersifat asam juga mampu menyeimbangkan pH kulit kepala. Caranya siapkan satu buah tomat dan haluskan. Ambil sarinya dengan cara disaring. Lalu, campurkan ini dengan fuller’s earth.


Jika tidak memiliki bahan ini, Anda boleh melewatkannya. Anda bisa menggantinya dengan madu atau lidah buaya sebagai campuran dari sari tomat tadi.


Informasi mengenai cara mengatasi kulit kepala berminyak diatas bisa diterapkan. Dengan mencoba beberapa tips tersebut, kulit kepala Anda akan kembali segar dan normal lagi.



J-Theme